Kamis, 12 Januari 2017

DODOL KULIT PISANG

.Kulit pisang
Kulit pisang merupakan salah satu satu bagian dari tanaman pisang yang selama ini keberadaannya terabaikan.  Kulit pisang merupakan bahan buangan (limbah buah pisang) yang cukup banyak jumlahnya yaitu kira-kira 1/3 dari buah pisang yang belum dikupas. Kulit pisang juga limbah industri pangan yang dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak.
Unsur Jumlah
Air                          68,90 %
Karbohidrat            18,50 %
Lemak                    2,11   %
Protein                    0,32   %
Kalsium                  71    mg/100 gr
Fosfor                     117  mg/100 gr
Besi                        166  mg/100 gr
Vitamin                  0,12 mg/100 gr          
Vitamin C              17,5 mg/100 gr
Berdasarkan tabel di atas maka komposisi kimia terbanyak kulit pisang, disamping air adalah karbohidrat, yaitu sebesar 18,50%. Karbohidrat ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan alkohol yang berguna sebagai bahan bakar, bahan industri kimia bahan kecantikan dan kedokteran. Manfaat lain kulit pisang yaitu sebagai bahan baku minuman beralkohol (anggur) dan makanan ternak, seperti kambing, sapi, kelinci dan lain-lain. Hal ini disebabkan nilai gizi kulit pisang cukup baik.
Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat. Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

B. PRAKTEK
1. Dodol Pisang Kulit
Alat :   baskom
Wajan
Kompor
Parut
Blender
Pisau
Pengaduk
Spatula
Kalo
Sendok
Bahan : 2 kg kulit buah pisang
              ¼ kg buah pisang
              1 kg gula pasir
              ½ kg gula merah
              2000ml santan kelapa
              ½ kg tepung ketan
              ¼ kg tepung terigu
              ½ sdt vanili
              Essence (bila perlu)
              Natrium benzoat
Masa kadaluwarsa  ± 6 Minggu
Cara Pembuatan:
1. Pisang yang sudah matang dicuci bersih lalu dikupas kulitnya.
2. Kulit pisang yang sudah bersih lalu dikerok daging kulitnya
3. Kulit pisang direbus sampai empuk
4. Setelah direbus kulit pisang dipotong kotak-kotak (3-4 mm), kemudian digiling      bersama daging buah pisangtersebut agar lebih banyak dagingnya menggunakan penggiling atau blender jika dalam jumlah kecil untuk meng-haluskan kulit pisang  dan daging pisang agar menjadi bubur. Setelah itu ditambah air dengan perbandingan 1:1
     5. Bubur kulit dan daging pisang  yang telah diblender tersebut direbus di dalam   wajan  bersama  santan (dibiarkan sampai mendidih dan mengeluar kan minyaknya) kemudian  masukkan gula, garam, pewarna, pengawet sambil terus diaduk.
     6. tepung ketan dan tepung terigu dibuat adonan seperti bubur dengan sedikit air, kemudian dimasukkan ke wajan sedikit demi sedikit sambil  terus diaduk kurang lebih  selama 5 jam.
7. sebelum dikemas, dodol tersebut terlebih dahulu didinginkan selama semalam
D.HASIL
Dalam pembuatan dodol kulit pisang hasil yang lebih baik akan didapatkan apabila menggunakan kulit pisang jenis pisang kepok dan pisang nangka. 
TABEL PENGAMATAN
NO
KRITERIA
KRITERIA YANG DIINGINKAN
HASIL PENGAMATAN
1
WARNA
COKLAT
SESUAI
2
AROMA
AROMA PISANG
SESUAI
3
RASA
MANIS
SESUAI
4
TEKSTUR
PADAT DAN HALUS
TIDAK SESUAI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar