Sabtu, 14 Januari 2017

Usaha Rumahan Pembuatan Keripik Ikan Balita

Baby fish chipsadalah olahan ikan kecil (bayi ikan) yang dijadikan sebagai chips atau keripik. Pembuatan keripik ikan dapat digunakan sebagai sebuah peluang wirausaha yang cukup menggairahkan. Proses pembuatannya mudah, cepat, dengan cita rasa yang renyah, juga dapat disajikan sebagai makanan camilan maupun lauk pauk sehari-hari dengan kandungan kadar protein sebesar 18 -30%. Olahan ikan balita sebagai keripik dibuat dari anakan ikan peliharaan, seperti ikan mas, nilem, dan ikan nila, serta beberapa jenis ikan tawar lainnya.

Bayi ikan mas yang digunakan sebagai bahan keripik ikan balita adalah yang telah berumur 1-2 bulan dan berukuran 5-7 cm atau sebesar jari kelingking. Di tempat pembudidayaan, harga anakan ikan mas sekitar Rp 20.000 - 30.000,-per kilogram, atau juga dijual dengan ukuran literan. Jika diolah menjadi panganan keripik ikan, maka bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

baby fish chips crispyDalam proses produksi, anda bisa menghasilkan 1 kg keripik ikan balita dengan menggunakan bahan 3 kg ikan balita segar. Peluang usaha keripik ikan balita cukup potensial mendatangkan profit yang baik. Jika bahan 3 kg ikan mas balita segar seharga Rp 60.000, maka potensi omset yang bisa diperoleh dari olahan baby fish chips sekitar Rp 500.000,-. Jika anda jual dalam kemasan kecil-kecil, maka potensi keuntungannya semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar